PEKANBARU – Bursa calon Walikota Pekanbaru terus memanas. Satu demi satu, sejumlah tokoh mulai menunjukkan keseriusannya maju menjadi orang nomor satu di Kota Bertuah. Kali ini, niatan itu datang dari mantan Wakil Ketua DPRD Riau periode 2014-201, Kordias Pasaribu.

Ia secara resmi mengambil formulir untuk pendaftaran bakal calon Walikota Pekanbaru pada Pilkada 2024. Ia mengambil formulir pendaftaran di Kantor DPC PDIP Pekanbaru, Senin (6/5/2024).

"Ini adalah partai pertama saya mengambil formulir pendaftaran sebagai calon Walikota Pekanbaru. Saya juga kader dari PDIP, " terangnya kepada media.

Dikatakan, sebagai kader PDIP, maka langkah pertama yang harus ia lakukan adalah meminta restu dari rumah sendiri. "Setelah ini saya juga akan meminta restu juga ke partai-partai lainnya," tambahnya.

Ditambahkan Kordias, dirinya fokus maju sebagai bakal calon walikota dan tak berbuat mengisi posisi calon wakil walikota.

Cukup 5 Program

Dirinya bertekad membenah Kota Pekanbaru menjadi lebih baik. Untuk itu, dirinya juga menilai tak perlu bermuluk-muluk dengan banyak visi dan misi.

"Bagi saya, cukup melakukan 5 hali ini untuk membenahi Kota Pekanbaru. Yaitu selesaikan masalah sampah, banjir, jalan rusak, kemiskinan dan selesaikan masalah pendidikan. Bila lima hal ini tuntas, masyarakat Kota Pekanbaru akan puas," tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP kota Pekanbaru, Robin Hutagalung menambahkan, saat mengambil formulir pendaftaran, Kordias tidak hanya sebagai kader PDIO, tapi juga sebagai masyarakat Kota Pekanbaru yang memiliki hak yang sama untuk mencalonkan diri dalam Pilkada Kota Pekanbaru.

Pihaknya selaku sesama kader partai, akan berupaya mendukung dan memfasilitasi. Sehingga Kordias bisa mengikuti Pilkada Kota Pekanbaru.

Namun demikian, Robin juga menegaskan, walaupun Kordias adalah kader PDIP, namun pihaknya tidak bisa memutuskan dukungan partai bakal otomatis jatuh kepada Kordias.

"Sebab keputusan finalnya ada di tangan pengurus PDIP Pusat, " pungkasnya. ***