PANGKALAN LESUNG - Sedang memanen karet, seorang warga Desa Dusun Tua, Kecamatan Pangkalan Lesung, Kabupaten Pelalawan, Riau, diserang kawanan gajah, akibatnya, korban mengalami luka terkena gading gajah liar di belakang Rumah Makan Ikan Bakar Lumpur 77, Jalintim Equator Desa Dusun Tua pada Ahad (24/3/2024) siang.

"Akibat serangan gajah tersebut, korban mengalami luka robek pada bagian punggung akibat terkena gading amukan gajah tersebut," terang Kapolres Pelalawan, AKBP Suwinto SH SIK melalui Kapolsek Pangkalan Lesung, Iptu A Rianto Tinambunan, SE, MSi kepada Riaupos.co sebagaimana dikutip GoRiau.com, Ahad (24/3) melalui selulernya.

Diungkapkan mantan Kanit Turjagwali Sat Lantas Polres Pelalawan ini bahwa, akibat peristiwa itu, korban yang diketahui bernama Jumiran (39) yang berprofesi sebagai petani kebun karet ini, langsung dievakuasi ke Puskesmas Pangkalan Lesung kemudian dirujuk ke rumah sakit (RS) untuk mendapat pertolongan. Dan saat ini korban sedang dirawat di Rumah Sakit (RS) Efarina Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan.

"Tadi jam 15.00 WIB, korban sampai di RS Efarina dan langsung menjalani perawatan intensif dari tenaga medis, mudah-mudahan kondisinya membaik," ujarnya.

Dijelaskan Rianto Tinambunan bahwa, mengenai kronologi peristiwa tersebut terjadi pada pukul 12.00 Wib. Dimana kejadian itu bermula saat salah seorang warga Desa Dusun Tua sedang melakukan menderes atau memamen getah karet di kebun, Ahad (24/3) pagi sekitar pukul 07.00 WIB.

Namun, tiba-tiba warga melihat adanya gerombolan gajah yang diketahui sebanyak 5 ekor. Kemudian warga tersebut memberitahu masyarakat lainnya sehingga masyarakat setempat datang beramai-ramai dan berusaha menggiring gajah tersebut agar menjauh dari kebun warga menuju ke arah hutan Kundur, Desa Kesuma Kecamatan Pangkalan Kuras.

"Dan setibanya di areal hutan perbatasan tersebut tepatnya sekira pukul 11.00 WIB, masyarakat mengira gajah tersebut telah pergi masuk ke dalam hutan, namun ternyata gajah tersebut masih bersembunyi di sekitar perkebunan masyarakat. Dikarenakan keduanya antara gajah dan masyarakat sama-sama merasa terkejut, sehingga menyebabkan gajah tersebut mengamuk dan mengejar warga yang mengakibatkan salah seorang masyarakat mengalami luka robek akibat terkena amukan gajah tersebut (terkena gading gajah, red)," paparnya.

Ditambahkan Kapolsek Pangkalan Lesung, bahwa berdasarkan informasi terakhir dari masyarakat, diketahui bahwa gajah tersebut masih berada dan bersembunyi di sekitar lokasi kebun warga Perbatasan Tambun Dengan Desa Dusun Tua (Di Belakang Rumah Makan Lumpur 77,red) Equator Desa Dusun Tua Kecamatan Pangkalan Lesung.

"Dan kita sudah melaporkan kejadian konflik antara gajah dengan masyarakat Desa Dusun Tua Kecamatan Pangkalan Lesung ini kepada pihak BKSDA yang saat ini dalam perjalanan menuju lokasi untuk menggiring kawanan gajah itu keluar dari pemukiman warga," tutupnya. ***