JAKARTA - Prabowo Subianto memegang erat lengan Anies Baswedan dan mengguncang-guncangkan tubuh calon presiden nomor urut 01 tersebut.

Prabowo melakukan hal itu usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI secara resmi menetapkannya sebagai presiden terpilih hasil pemilihan presiden (pilpres) 2024, di gedung KPU, Rabu (24/4/2024) siang.

Dikutip dari Kompas.com, mulanya Prabowo mengatakan dirinya paham betul bahwa senyuman Anies dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sangat berat. Pasalnya, Prabowo pernah kalah tiga kali di kontestasi pilpres.

Prabowo menegaskan dirinya telah memberi penghormatan kepada semua calon yang kalah di Pilpres 2024.

"Saya juga tadi sudah sampaikan terima kasih saya, penghormatan saya kepada Saudara Anies, Saudara Muhaimin, Saudara Ganjar, dan Saudara Mahfud MD," ujar Prabowo saat berpidato.

Selesai berpidato, Prabowo turun dari panggung dan menyalami beberapa orang. Lalu, Prabowo dan Gibran tampak menghampiri Anies dan Muhaimin. Prabowo tampak cuma menyalami Cak Imin sambil tersenyum.

Setibanya di hadapan Anies, Prabowo tidak hanya menyalami tangannya saja, dia memegang erat lengan Anies, lalu mengguncang-guncangkan tubuh mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Anies dan Prabowo sama-sama terlihat tertawa dalam momen tersebut.

Janji Bekerja Keras untuk Seluruh Rakyat

Sementara itu, dalam pidatonya usai ditetapkan sebagai presiden terpilih dalam rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Rabu (24/4/2024), Prabowo Subianto berjanji akan bekerja keras untuk seluruh rakyat Indonesia, tanpa terkecuali.

“Saya akan buktikan bahwa saya akan bekerja, berjuang untuk seluruh rakyat Indonesia, termasuk yang tidak memilih saya,” kata Prabowo.

Prabowo bersyukur penyelenggaraan Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 telah selesai. Dia bilang, pilpres merupakan proses kontestasi panjang yang menyita pikiran dan tenaga. Dalam kontestasi tersebut, ada persaingan dan perdebatan keras yang dipenuhi dengan pandangan-pandangan tajam.Namun, katanya, dinamika itu merupakan bagian dari demokrasi.

"Kontestasi tajam, debat, kadang-kadang panas. Tapi satu hal yang saya kira saksikan bersama, sekeras apa pun, setajam apa pun, kita menyadari bahwa kita tetap satu rumpun, tetap satu keluarga besar, kita sama-sama anak bangsa Indonesia,” ujar Prabowo.

Prabowo mengatakan, kontestasi Pilpres 2024 telah usai. Menteri Pertahanan itu berterima kasih kepada seluruh pihak, termasuk pasangan capres-cawapres pesaingnya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Ia berharap, pasca Pilpres 2024, seluruh pimpinan politik dapat bekerja sama untuk kesejahteraan rakyat.

Ketua Umum Partai Gerindra tersebut bertekad untuk menghilangkan kemiskinan, menghapus kelaparan, dan memberantas korupsi di Indonesia.

“Ini tuntutan rakyat, kita harus bersatu, kita harus rukun. Apakah bersatu itu berada di dalam pemerintahan atau berada di luar pemerintahan, sama-sama kita berjuang untuk rakyat,” kata Prabowo.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia. Dan saya tegaskan kembali, saya dan saudara Gibran Rakabuming Raka kita akan menjadi presiden dan wakil presiden kita akan bekerja untuk seluruh rakyat Indonesia,” tandasnya.***