PEKANBARU - Rapat Kerja (Raker) Komisariat Wilayah (Komwil) I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2024 resmi dibuka. Rangkaian kegiatan Raker yang dilaksanakan di Kota Pekanbaru ini sejak tanggal 1 hingga 5 Mei, dibuka oleh Wakil Rektor IPDN Suhajar Diantoro.

Pembukaan Raker Komwil I Apeksi ditandai dengan pemukulan kompang bersama Pj Gubernur Riau SF Hariyanto, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, Direktur Eksekutif Apeksi Alwis Rustam, dan Wakil Ketua III Komwil I Apeksi sekaligus Walikota Binjai Amir Hamzah.

Wakil Rektor IPDN, Suhajar Diantoro mengatakan pertumbuhan ekonomi terjadi di kota. Untuk itu, para walikota harus bisa menjadi pengayom baik masyarakat maupun swasta.

Kita mendorong walikota untuk menjadi pengayom, agar mengelola APBD dengan tata kelola yang baik benar. Sehingga dapat mendorong swasta bertumbuh untuk membangun negeri," ujar Suhajar, Jumat (3/5/2024).

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi itu terjadi di dalam kota. Pertumbuhan sebuah kota juga akan berdampak pada kemajuan kabupaten sekitar.

"Karena membangun kota ini akan berdampak pada kemajuan kabupaten-kabupaten lain. Karena itu, kami berharap kebijakan pemerintah pusat yang pro investasi, dengan memudahkan perizinan, hanya walikota lah yang melaksanakannya dengan baik," Cakapnya.

Diketahui juga, kegiatan dihadiri oleh 24 perwakilan walikota bersama delegasi anggota Komwil I Apeksi.

Kegiatan belanjut pada Raker yang dipimpin oleh Wakil Ketua III Komwil I Apeksi Amir Hamzah, Direktur Eksekutif Apeksi Alwis Rustam, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, Sekda Solok Syaiful, Asisten I Tanjung Pinang Tamrin Dahlan, Asisten I Medan Muhammad Sofyan, dan diikuti oleh seluruh anggota Komwil I Apeksi. ***