PEKANBARU - Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (BPD) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), La Ode Ahmad Pidana Bolombo mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pemerintahan Daerah dan Pemerintahan Desa se-Provinsi Riau. Kegiatan diikuti oleh 1.803 peserta entitas desa di Hotel Labersa Pekanbaru, Jumat (3/5/2024).

Menurut La Ode Ahmad Pidana Bolombo, kegiatan yang diinisiasi oleh Bapak Pj Gubernur Riau bersama seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Riau itu sangat strategis dan positif.

"Bahwa pemerintahan terdepan dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu adanya di desa dan kelurahan. Sehingga dibutuhkan sinergi, kolaborasi para entitas pemerintahan desa," kata La Ode Ahmad kepada awak media.

"Jadi menurut saya bagaimana mengakselerasi program-program prioritas baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi," imbuhnya.

Dikatakan dia, dalam menangani stunting, pengentasan kemiskinan ekstrem, pengendalian inflasi harapannya bisa dimulai dari desa. Hal tersebut dilakukan dengan dukungan semua entitas kebijakan, regulasi pengaturan tentang desa yang sudah memadai.

"Sehingga nantinya bisa dilaksanakan oleh teman-teman entitas pemerintahan desa," sebutnya.

Lebih lanjut, ia mengaku takjub dengan berbagai perhatian yang diberikan Pemprov Riau kepada Pemerintahan Desa. Mulai dari bantuan operasioanal kendaraan roda dua, biaya operasional perjalanan dinas, hingga biaya administrasi pelaporan.

"Saya takjub dengan perhatian tersebut, karna adanya perhatian, apresiasi, kepada seluruh entitas pemerintah desa, bukan hanya kepala desa, BPD. Dengan apa yang dilihat ini semoga menjadi insipirasi bagi daerah lain, dan kami akan sampaikan kepada seluruh daerah di Indonesia, dari Riau mudah musahan menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia," tandasnya. ***