PEKANBARU – Universitas Islam Riau (UIR) kembali mengukuhkan 3 orang Guru Besar. Pengukuhan dipimpin Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi, SH, MCL, Senin (22/4/2024) di Auditorium Rektorat, UIR.

Ketiga Guru Besar tersebut adalah ereka adalah Prof Dr Zulkifli Rusby, SAg, MM, MESy. dalam bidang Perbankan Syariah dan Prof Dr Syahraini Tambak, SAg., MA dalam bidang Pendidikan Agama Islam. Keduanya berasal dari Fakultas Agama Islam (FAI). Sementara Prof Dr Husnul Kausarian, BSc (Hons), MSc, Ph.D dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Penginderaan Jarak Jauh Geologi dari Fakultas Teknik.

Pengukuhan kali terhitung istimewa. Hal itu mengingat belum genap empat bulan lalu, UIR juga telah mengukuhkan tiga Guru Besar. Dengan demikian, saat ini perguruan swasta tertua di Riau ini telah memiliki 20 orang Guru Besar.

Selain itu, medio tahun 2023 hingga awal tahun 2024 merupakan tahun yang produktif bagi UIR. Dalam rentang waktu itu UIR mendapatkan berbagai penghargaan, aktif menggelar catur dharma hingga mengukuhkan Guru Besar.

Dalam kesempatan itu, masing - masing Gubes memaparkan orasi ilmiahnya yang memotivasi sekaligus berbalut haru.

"Luar biasa sekali orasi ilmiah yang diberikan oleh para Guru Besar kita yang dikukuhkan, tidak hanya memotivasi tetapi juga haru dikarenakan latar belakang hidup dan perjuangan yang dilalui hingga sampai di tahap ini tidaklah mudah," ujar Rektor UIR.

Menurut Prof Syafrinaldi, langkah UIR tidak terhenti sampai di situ. "Masih terdapat tujuh calon guru besar UIR yang sudah memenuhi jafung Lektor Kepala saat ini sedang berjuang baik di tingkat LLDIKTI dan di Kementerian Pendidikan. Semoga perjuangan sivitas UIR dilancarkan serta mendukung kemajuan kualitas pendidikan di Riau," tambahnya.

Hadir Plt. Kepala LLDIKTI XVII Afdalisma, SH, MPd. Dalam sambutannya ia mengucapkan selamat dan berharap kepada Gubes untuk terus berkarya dan berkontribusi besar terhadap kemajuan pendidikan Indonesia.

"Semoga kepada para profesor yang dilantik dapat giat melaksanakan aktifitas akademik

Afdalisma juga mengapresiasi Komitmen UIR yang gigih mewujudkan kampus yang berkelas dunia dengan terus menggelar kolaborasi maupun aktifitas akademis berskala internasional.

Menurutnya, UIR pun menjadi kampus yang unggul dalam tata kelola SDM seperti rasio Guru Besar terbanyak, tata kelola PT, Humas yang unggul di wilayah X dan XVII.

Hadir dalam pengukuhan Gubernur Riau pada masanya Drs H Syamsuar, MSi., Bupati Siak pada masanya Arwin As, Wabup Rohil Sulaiman, Ketua Umum YLPI Riau Prof Dr H Nurman, MSi., beserta segenap pejabat, pimpinan, dan mitra kerja. ***