JAKARTA - Polisi menetapkan SJ, sopir Xpander yang menabrak showroom mobil mewah dan merusak mobil Porsche seharga sekitar Rp9 miliar di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 Tangerang, sebagai tersangka.

"(Sopir) sudah ditetapkan sebagai tersangka," kata Kapolsek Teluk Naga, AKP Wahyu Hidayat, Jumat (15/3/2024), seperti dikutip dari Inews.id.

Lanjut Wahyu, SJ ditahan di sel tahanan Polsek Teluk Naga. Tersangka dijerat dengan Pasal 200 KUHP tentang perusakan bangunan dan atau Pasal 406 KUHP tentang perusakan barang milik orang lain. 

"Pasal 200 KUHP dan atau 406 KUHP," ujar Wahyu. 

Tersangka diketahui dalam kondisi mabuk saat menabrak showroom mobil di PIK 2, Jalan Kavling Boulevard Kosambi, Tangerang. Pengemudi kemudian dibawa ke Polsek untuk diperiksa lebih lanjut. 

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Zain Dwi Nugroho mengatakan, pengemudi Xpander merupakan warga sekitar PIK 2 Tangerang. Pada pagi harinya, dia meminum minuman keras. 

"Pagi harinya minum mirasnya di rumahnya di sekitar lokasi dan pada saat keluar rumah membawa mobil dalam pengaruh miras. Dan pada saat melewati jalan di depan showroom, tidak bisa mengendalikan mobil sehingga menabrak bangunan showroom," kata Zain, Jumat (15/3/2024).

Porsche Ringsek

Video peristiwa mobil Mitsubishi XPander menyeruduk mobil Porsche seharga Rp9 miliar di showroom Pantai Indah Kapuk 2 pada Rabu (13/3/2024), viral di media sosial.

Dalam video yang diunggah akun Instagram Fakta Tangerang, terlihat sebuah mobil Mitsubishi Xpander menabrak showroom mobil mewah di kawasan Pantai Indah Kapuk 2, Kota Tangerang.

Kaca dan besi showroom sampai ambruk berserakan akibat ditabrak mobil tersebut. Sedangkan mobil Porsche ringsek tertabrak Xpander.

Sementara itu, mobil Xpander berkelir hitam yang berada di depan Porsche tertimpa puing pintu kaca yang diterabasnya. Pecahan kaca berserakan di atas lantai usai peristiwa penabrakan terjadi.

Tampak tiga pria berseragam coklat yang berada di lokasi kejadian. Salah satunya hendak membuka pintu belakang Xpander.

Kepala Seksi Humas Polres Metro Tangerang Kota Kompol Aryono mengatakan, peristiwa itu terjadi, Rabu (13/3/2024).

"Iya benar (Xpander menabrak Porche di Tangerang). Sudah diproses, sudah membenarkan, tinggal menunggu Kapolres," ujar Aryono saat dikonfirmasi, Kamis (14/3/2024).

Dia memastikan identitas pengemudi sudah diketahui. Namun, Aryono belum membeberkan secara rinci terkait kronologi maupun identitas tersebut. 

"Sudah, tinggal tunggu saja (proses selanjutnya)," katanya.***