PEKANBARU - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru memberikan akses bagi para peserta yang mengikuti Lomba Bertutur tingkat SD/MI Negeri dan Swasta. Perlombaan akan digelar hari ini, Selasa (30/4/2024) di Aula Dispusip Kota Pekanbaru.

Kepala Dispusip Kota Pekanbaru, Erna Juita mengatakan, perlombaan ini adalah upaya meningkatkan minat baca pada anak-anak diusia dini.

Lomba ini memanfaatkan karya-karya yang tersedia dalam perpustakaan digital milik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud RI).

"Kita memberikan akses 700 judul buku yang ada di situs resmi Kemendikbud RI. Dengan demikian, anak-anak memiliki kesempatan besar untuk mengekspresikan imajinasi dan kreativitas mereka lewat kata-kata," ujarnya.

Ia menjelaskan, perlombaan ini juga diharapkan akan memotivasi sekolah-sekolah untuk mengadakan perlombaan serupa dimasa depan. Langkah ini tidak hanya memperkaya imajinasi anak-anak, tetapi juga mempromosikan penggunaan teknologi dalam mendukung literasi di kalangan generasi muda.

"Lomba ini juga sekaligus sebagai upaya untuk mengajak anak-anak lebih dekat dengan dunia literasi. Sehingga, besar harapan kita agar perlombaan-perlombaan seperti ini terus diagendakan dimasa depan oleh perpustakaan dan sekolah-sekolah," jelasnya.

Sebelumnya Dispusip Pekanbaru telah melaksanakan teknikal meeting pada Sabtu, (27/4/2024). Dispusip Kota Pekanbaru telah membuka pendaftaran sejak 4 hingga 26 April 2024.

"Pemenang lomba akan mewakili Kota Pekanbaru untuk berkompetisi di tingkat Provinsi Riau. Ini menandakan lomba bertutur tidak hanya menjadi ajang untuk meningkatkan minat baca anak-anak saja, tetapi juga memberikan kesempatan bagi mereka untuk menunjukkan bakat dan kreativitas di tingkat yang lebih tinggi," pungkasnya. ***