BAGANSIAPIAPI - Puluhan penari dari Sanggar Seni Jaya Sri Bestari, sukses memukau ribuan penonton, saat tampil dalam pergelaran yang dilaksanakan di Jalan Bangko, Bagan Timur, Bagansiapiapi. Acara yang digelar pada Selasa (30/4/2024) malam itu, sekaligus perayaan puncak dari ulang tahun sanggar yang telah berdiri selama 13 tahun tersebut.

Dalam kesempatan itu, beragam lagu dan tarian Melayu sukses ditampilkan para personil Sanggar Seni Jaya Seri Bestari.

Hadir dalam kesempatan itu Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Rohil, H Rahmatul Zamri, Kabid Budaya Dinas Pendidikan Rohil, Syamsul Bahri, Camat Bangko Iswandi Putra dan tokoh penggiat sejarah dan seni Rohil, H Yan Faisal serta para undangan lainya.

Dalam sambutannya, Ketua Sanggar Seni Jaya Sri Bestari, Cahyono Putra atau lebih akrab disapa Nyonyot mengucapkan tetima kasih kepada Pemkab Rohil.

Hal itu mengingat begitu banyak dukungan yang telah diterima pihaknya selama ini.

"Baik Pemkab Rohil, maupun secara pribadi kepada Bapak Bupati Afrizal Sintong dan Ibu Sanimar, yang begitu banyak berkontribusi kepada sanggar kami, " ujar Cahyono.

Tampil di Negara Tetangga

Dikatakannya, sejak berdiri pada tahun 2011 lalu, Sanggar Seni Jaya Sri Bestari telah tampil dan melanglang buana ke berbagai provinsi di Indonesia.

Tidak hanya itu, Sanggar Seni Jaya Sri Bestar juga sudah mentas di brbetapa negara, seperti Malaysia dan Thailand. Dalam hal ini pihaknya menampilkan seni dan budaya serta adat istiadat Melayu Rokan Hilir. "Begitu juga saat tampil di negara sahabat mewakili Rokan Hilir, " ujarnya.

Pihaknya berharap dukungan terus diberikan dari berbagai kalangan di Rohil. Sebab hal itu akan sangat membantu dalam perjalanan Sanggar ke depan, sekaligus terus memperkenalkan budaya Melayu Rohil seluas-luasnya.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Rohil Rahmatul Zamri, mengatakan Pemkab Rohil akan terus menjaga komitmen dalam mendukung dan melestarikan khazanah tamadun melayu.

"Pemkab Rohil siap mendukung semua penggiat seni budaya dalam berkreativitas dalam rangka untuk memperkaya budaya kita, " ujarnya.

"Selamat ulang tahun dan tetaplah berkesenian dan memperkenalkan budaya,seni serta adat budaya tempatkan dan tampilkan ke kancah nasional dan internasional, " pintanya. ***