PEKANBARU - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau terus melakukan upaya untuk perbaikan dunia pendidikan di Bumi Lancang Kuning. Salah satunya dengan mendata dan memetakan apa yang menjadi kebutuhan sekolah, dalam hal ini SMA, SMK dan SLB.

Sejauh ini, pemetaan telah dilakukan di 4 kabupaten dari total 12 kabupaten dan kota di Riau.

"Ada 4 daerah yang sudah kita kunjungi, yaitu Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kita Dunia dan Kampar, " terang Kadisdik Riau, T Fauzan Tambusai Kamis (2/5/2924) kemarin.

Dikatakan, yang menjadi perhatian pihaknya adalah apa yang me jadi kebutuhan pendidikan di sebuah daerah. Baik teekait SDM maupun sarana dan prasarana. "Semua kita petakan. Kitab harap nanti akan didapat gambaran yang jelas tentang apa yang me jadi kebutuhan mendasar di semua daerah, " terangnya lagi.

Di setiap daerah, pihaknya melakukan pertemuan dengan berbagai pihak terkait. Tidak saja pihak sekolah, pertemuan itu juga menghadirkan Forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan kepala cabang (Kacab) wilayah.

"Dalam setiap pwetemyan kita mendengar pihak sekolah, apa saja yang mereka butuhkan untuk dapat meningkatkan mutu dan kualitas sekolah baik itu sarana dan prasarana hingga SDM pendidiknya, " pungkas Fauzan

Sementara Kapala bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) yang juga menjabat PLT kepala bidang SMA Faizal Ahmaddin AP, MSi menambahkan bahwa keluhan sekolah dari setiap daerah hampir sama. Kebanyakan terkait sarana dan prasarana dan jumlah tenaga pendidik yang dirasakan masih kurang di setiap sekolah. ***