PEKANBARU - Selain menerima bakal calon kepala daerah dari kalangan umum, Partai NasDem Riau ternyata juga menyiapkan sejumlah kadernya untuk maju di ajang Pilkada serentak Tahun 2024.

Menariknya, salah satu kader yang maju tersebut adalah perempuan. Dialah Dr Afni Z, MSi, yang kini maju sebagai nakal calon Bupati Siak.

Seperti dituturkan Ketua Bappilu Partai NasDem Riau, Dedi Harianto Lubis, langkah ini dilakukan mengingat NasDem Riau memiliki sejumlah kader yang mampu bersaing di Pilkada, baik di tingkat provinsi mau pun kabupaten/kota.

Namun Pria yang akrab disapa DHL ini menegaskan, meski sudah menyiapkan kader sendiri, namun bukan jaminan mereka akan langsung otomatis diusung partai. Karena itu, pihaknya tetap menerima calon dari umum atau kader partai lain.

"Yang menentukan siapa yang akan didukung oleh partai NasDem, adalah keputusan pengurus di pusat. Jadi tidak berarti calon yang berasal dari luar kader partai kita, tidak akan didukung Partai Nasdem, " terangnya, Jumat (3/5/2024).

Seperti untuk Pilkada Provinsi Riau, ada dua kader NasDem yang ikut bersaing. Keduanya adalah Yopi Arianto dan Eddy Natar Nasution.

Menurut DHL, calon kepala daerah yang akan didukung NasDem adalah sosok yang dicintai oleh masyarakat. Tentu saja, sosok itu harus memiliki visi dan misi yang pasti dan jelas untuk membangun daerah.

"Jadi, walaupun bukan kader kita tapi memiliki apa yang diinginkan partai dan masyarakat, pasti akan didukung Partai Nasdem. Prinsip ini yang dipegang partai dan juga berlaku untuk kader kita," tegasnya lagi.

Sehingga, dalam proses pemilihan calon yang akan diusung, NasDem tidak akan membeda-bedakan perlakuan terhadap para calon kepala daerah yang mendaftar melalui oartai besutan Surya Paloh tersebut. ***


Daftar Kader Partai NasDem Riau yang Ikut Bersaing di Pilkada Serentak 2024

Pemilihan Gubernur Riau

1. Edy Natar Nasution

2. Yopi Arianto

Pemilihan Walikota Pekanbaru

1. Muhammad Aulia

2. Dastrayani Bibra

3. Abu Bakar Sidik

4. Zulfan Hafiz

Pemilihan Bupati Kampar

1. Yurjani Moga

2. Syamsul Mohkamar

3. Ilyas HU

4. Rusdinur

Pemilihan Bupati Rohil

1. Muhammad Maliki

2. Basiran Nur Efendi

3. Jhony Charles

Pemilihan Bupati Rohul

1. Teddy Mirza Dal

2. Abdul Haris

Pemilihan Bupati Bengkalis

1. Askori

2. Farida H Saad

Pemilihan Walikota Dumai

1. H Paisal

Pemilihan Bupati Siak

1. Dr Afni Z, MSi

2. Wan Ibrahim

Pemilihan Bupati Meranti

1. Roni samudra

Pemilihan Bupati Pelalawan

1. Husni Thamrin

Pemilihan Bupati Inhil

1. Muhammad Taufik

2. Zul Bahri

Pemilihan Bupati Kuansing

1. Muslim

2. Rudi Sinaga