PEKANBARU - Kondisi ruas Jalan Lintas Selatan (Jalinsel) yang melintasi Kabupaten Indragiri Hulu, saat ini benar-benar mengenaskan. Hal itu karena kerusakan yang hingga kini belum kunjung diperbaiki.

Bahkan jika hujan turun, di beberapa titik akan berubah menjadi kubangan Lumpur sehingga tidak bisa dilintasi kendaraan. Bila sudah demikian, maka aktivitas masyarakat pun jadi terkendala.

Parahnya kondisi jalan milik Pemprov Riau tersebut, bisa dilihat dalam unggahan warga yang saat ini beredar di media sosial, baru-baru ini. Dalam unggahan itu, tampak satu ambulans yang tidak bisa bergerak karena berada di tengah-tengah kubangan lumpur, di salah satu titik Jalinsel tersebut. Padahal, ketika itu ambulans tersebut tengah membawa mayat.

Belum Ada Anggaran

Terkait kondisi Jalinsel di Inhu tersebut, anggora DPRD Riau dapil Indragiri Hulu-Kuantan Singingi, Matahari Napitupulu, mengaku sudah mengetahuinya.

Karena itu, pihaknya telah meminta Dinas PUPR Provinsi Riau melalui UPT IV Jalan dan Jembatan (JJ) untuk segera turun ke lapangan dan memperbaiki kerusakan di Jalinsel tersebut.

" Saya sudah komunikasi dengan kepala UPT IV Pak Ucok untuk memperbaiki ruas jalan lintas selatan agar tetap fungsional," katanya kepada goriau.com, Selasa (30/4/2024).

Dikatakannya, kerusakan jalan tersebut karena tingginya curah hujan ditambah dengankendaraan bertonase tinggi yang kerap melintasi jalan tersebut.

"Curah hujan dan angkutan berat menjadi penyebab kerusakan jalan tersebut," ucapnya.

Politisi Demokrat ini mengungkapkan, sejauh ini belum ada anggaran di Pemprov Riau untuk peningkatan Jalinsel tersebut.

" Belum ada anggaran untuk peningkatan jalan, kalau perawatan ada anggarannya, mudah-mudahan ditahun 2025 nanti dianggarkan," tutupnya. ***