RENGAT – Hidup adalah pilihan, oleh sebab itu tentukan pilihanmu. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi. Ungkapan motivasi tersebut ditujukan oleh Kakanwil Kemenkumham Riau, Budi Argap Situngkir kepada seluruh personel pengayoman yang bertugas di Rutan (Rumah Tahanan Negara) Kelas IIB Rengat.

Dimana ungkapan tersebut dia lontarkan saat mengunjungi Rutan Rengat, dalam rangka penguatan dan pengarahan kepada personel pengayoman yang ada di Rutan Rengat, Selasa (19/3/2024) kemarin.

Turut hadir bersama Kakanwil, Kadiv Yankum (Pelayanan Hukum) Kemenkumham Riau, Edison Manik, dengan disambut langsung Kepala Rutan Rengat, Julius Barus dan jajaran serta Kepala Rupbasan Kelas II Rengat.

Luar biasanya, kedatangan rombongan Kakanwil Kemenkumham Riau itu, tidak hanya disambut para pejabat dan pegawai melainkan juga disambut hangat oleh ratusan warga binaan pemasyarakatan dengan yel-yel khas Rutan Rengat.

Dalam sambutannya, Julius Barus, menceritakan kondisi terkini formasi pegawai yang ada, serta situasi Rutan yang sudah mengalami over kapasitas penghuni. Begitu juga dengan kondisi blok hunian yang sudah sangat layak untuk dilakukan renovasi.

Kendati demikian, dengan pola kekeluargaan yang telah tercipta di lingkungan Rutan baik antar sesama pegawai, antara sesama warga binaan dan antar pegawai dengan warga binaan, dirinya yakin dan percaya bahwa Rutan Rengat dapat melewati semua keterbatasan tersebut.

"Dapat kami laporkan kepada Bapak Kakanwil, bahwa kami disini merupakan suatu keluarga besar yang siap saling support dan saling mendukung satu dengan yang lainnya. Dan atas nama keluarga besar Rutan Kelas II Rengat, kami mengucapkan selamat datang kepada bapak dan rombongan di rumah kami ini," singkat Julius Barus yang dibarengi tepukan tangan warga binaan.

Sementara itu, Kadiv Yankum Edison Manik dalam arahannya menekankan kepada jajaran Rutan Rengat terkait Kekayaan Intelektual terutama hak paten dan merek.

Edison juga mengapresiasi jajaran Rutan Rengat dibawah kepemimpinan Julius Barus yang sebelumnya telah menjalin sinergitas yang baik dengan semua kalangan, baik dengan pihak aparat penegak hukum maupun dengan pemerintah daerah.

"Sinergitas merupakan langkah utama yang harus dijaga, maka yang sudah terjalin tolong dijaga dan ditingkatkan," singkat Edison.

Selanjutnya Kakanwil Kemenkumham Riau, Budi Argap Situngkir yang memberikan penguatan dan arahan kepada jajaran petugas Rutan dan Rupbasan Rengat, menegaskan bahwa pegawai Kemenkumham wajib memiliki cita-cita yang tinggi.

Cita-cita yang dimaksud yaitu, cita-cita yang membuat anda semua berjasa dalam pemajuan kementerian ini, khususnya pada tempat tugas masing-masing.

"Pegawai Kemenkum HAM yang ada di Rutan Rengat khususnya generasi muda, agar dapat melahirkan inovasi baru yang akan menjadi solusi bagi permasalahan di lingkungan pekerjaan," tegasnya.

Kepada tunas muda pengayoman yang ada di Rutan Rengat, diharapkan mampu bekerja keras dan bekerja cepat karena dengan adanya perkembangan teknologi, tentu akan mempermudah dalam menyelesaikan pekerjaan.

"Hidup adalah pilihan, oleh sebab itu tentukan pilihanmu. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi." pungkasnya. ***