RENGAT - Setelah 68 tahun, DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menggelar sidang paripurna peringatan hari jadi Kabupaten Inhu, Riau untuk yang pertama kalinya.

Bertempat di Gedung Dang Purnama Rengat, sidang paripurna hari jadi tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Inhu, Elda Suhanura didampingi Rosman Yatim dan Masrullah selaku Wakil Ketua DPRD Inhu, Selasa (9/3/2024).

Sidang juga paripurna juga dihadiri langsung, Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi dan Wakil Bupati Inhu, Junaidi Rachmat, serta unsur Forkopimda Inhu. Sementara Pj Gubernur Riau diwakili Kadis Pendapatan Daerah, Eva Refita.

Tak hanya itu, segenap tamu undangan dari Kabupaten Inhil, Kota Madya Jambi dan Tanjung Jabung juga tampak hadir dalam acara tersebut. Begitu juga dengan Ketua MKA LAM Provinsi Riau, Datuk Seri HR Marjohan Yusuf.

Tokoh dan pemuka masyarakat serta pelaku sejarah, pimpinan BUMN dan BUMD, Ormas dan OKP, serta pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemkab Inhu juga tampak memadati ruang gedung sidang paripurna.

Ketua DPRD Inhu, Elda Suhanura membuka sidang paripurna dengan menceritakan lika liku dan perjuangan panjang Pansus DPRD bersama pemerintah dalam menentukan hari jadi Kabupaten Inhu.

Hal tersebut dikarenakan tingginya desakan dari berbagai pihak agar DPRD dapat menetapkan hari jadi Kabupaten Inhu yang selama ini tidak pernah ada.

"Dan alhamdulillah, atas kerja keras Pemkab dan Pansus, dapat disepakati hari jadi Kabupaten Inhu jatuh pada, 19 Maret. Selanjutnya dituangkan dalam Perda no 2 tahun 2023 yang disahkan pada tanggal 1 Agustus 2023 melalui sidang paripurna dewan," ungkapnya.

Ketua MKA LAM Provinsi Riau, Datuk Seri HR Marjohan Yusuf atas nama tokoh asal Kabupaten Inhu dalam sambutannya, mengucapkan selamat dan tahniah ke-68 Kabupaten Inhu.

"Paripurna hari ini merupakan momentum yang sangat berharga dan bersejarah. Karena setelah 68 tahun, Kabupaten Inhu memiliki hari jadi. Terimakasih kepada semua pihak yang telah andil, sehingga Inhu memiliki hari jadi," singkat Datuk Seri, Marjohan.

Dalam pada itu, Gubernur Riau yang diwakil Kadis Pendapatan Daerah Riau, Eva Refita, saat membacakan sambutan Gubernur Riau juga menyampaikan tahnia atas peringatan hari jadi Kabupaten Inhu.

"Tahnia untuk Kabupaten Inhu ke 68, semoga kedepan menjadi lebih maju, baik dibidang ekonomi masyarakat, pembangunan dan budaya," singkatnya.

Sementara itu, Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi dalam sambutannya menghaturkan terimakasih kepada Pansus DPRD Inhu yang telah bekerja keras dalam merumuskan dan menetapkan hari jadi Kabupaten Inhu.

"Sebagai salah satu kabupaten tertua di Riau, tentunya penetapan hari jadi ini merupakan momen yang sangat penting, dan ini merupakan hal yang dapat kita wariskan kepada generasi yang akan datang," ujar Rezita.

Dengan demikian, dirinya berharap kepada semua pihak, khususnya ASN untuk dapat menjadikan momentum ini sebagai tolak ukur pencapaian pembangunan serta pelayanan terhadap masyarakat, tandasnya. ***