PEKANBARU – Manchester City semakin dekat dengan gelar juara Liga Inggris. Kesempatan untuk mempertahankan gelar terbuka lebar setelah mengalahkan Tottenham Hotspur.

Spurs harus menelan pil pahit saat menjamu City di kandangnya, Rabu (15/5/2024) dinihari WIB. Spurs kalah 0-2 atas Man City.

Babak pertama berakhir tanpa gol. Man City baru bisa mencetak gol di babak kedua. Adalah Erling Haaland yang mencetak brace untuk mendekatkan timnya dengan gelar juara.

Puncak klasemen diambil Man City dengan 88 poin dan Arsenal di urutan kedua dengan 86 angka. Gelar juara pun ditentukan pada pekan terakhir musim ini.

Bagi Tottenham, kekalahan ini membuatnya gagal meraih tiket ke Liga Champions. Poin Spurs sudah tak bisa menyusul Aston Vila yang punya 68 poin.

Jalannya Pertandingan

Tuan rumah mengancam lebih dulu di menit kelima lewat. Rodrigo Bentancur melepaskan tembakan di tepi kotak penalti, tapi bola masih bisa ditepis Ederson Moraes.

Pierre-Emile Hojbjerg melakukan sapuan yang buruk di kotak penalti. Bola kemudian berhasil disambar dengan tembakan Phil Foden, beruntung untuk Spurs karena Guglielmo Vicario bikin penyelamatan gemilang di menit ke-16.

Tottenham bermain sangat lebih santai. Meski dominan dalam penguasaan bola, klub asal London Utara itu tidak terburu-buru untuk menyerang.

Sampai laga berjalan setengah jam, belum ada gol yang tercipta. Man City sejauh ini juga bermain lebih hati-hati.

Ederson hampir bikin blunder di menit ke-32. Dia gagal dengan baik menangkap bola tembakan Brennan Johnson.

Tak ada gol tercipta dari kedua tim sepanjang babak pertama. Skor 0-0 bertahan sampai turun minum.

Vicario bikin penyelamatan sip di awal babak kedua. Dia sambil terbang menepis bola tembakan Kevin De Bruyne dengan satu tangan.

Kesabaran Man City membuahkan hasil di menit ke-51. Sebuah umpan silang mendatar De Bruyne ke mulut gawang Tottenham berhasil di sambar Erling Haaland. The Citizens memimpin 1-0.

Ederson mendapat perawatan di menit ke-62 setelah kepalanya terbentur dengan kaki Romero. Meski sempat melanjutkan permainan, Pep Guardiola mengganti sang kiper dengan Stefan Ortega di menit ke-69.

Peluang emas didapat Dejan Kulusveski. Dari jarak dekat dia melepaskan tembakan, tapi Ortega masih bisa membendung bola di menit ke-71.

Son Heung-min membuang peluang emas di menit ke-85 saat berhadapan satu lawan satu dengan Ortega. Bola tembakan pemain asal Korea Selatan itu masih bisa diblok kaki Ortega.

Man City mendapatkan hadiah penalti setelah Jeremy Doku diganjar Pedro Prro. Haaland maju sebagai eksekutor dan membawa City memimpin 2-0 di injury time. Skor tersebut bertahan sampai laga tuntas.***