PEKANBARU - Pj Walikota Pekanbaru Muflihun mengingatkan para pemuda untuk tidak hanyut politik. Sebaliknya, pemuda harus cermat dalam berpolitik. Apalagi saat ini akan memasuki Pilkads serentak tahun 2024.

"Jangan hanyut dalam politik. Pemuda harus melihat politik bisa membawa manfaat ke masyarakatnya, ke kampungnya," ujarnya, Kamis (2/5/2024).

Hal itu dilontarkannya saat menghadiri kegiatan Sua Pemuda, yang diselenggarakan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Pekanbaru, di RTH Balairung Tunjuk Ajar, Jalan Ahmad Yani.

Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Rapat Kerja Komisariat Wilayah I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Tahun 2024.

Acara ini dihadiri oleh Walikota Solok sekaligus Wakil I Ketua APEKSI, H Zul Elfian Umar dan para camat se-Kota Pekanbaru.

Muflihun mengajak pemuda untuk menjaga keamanan dalam berpolitik dan bijak dalam memilih calon kepada daerah masing-masing.

"Mari kita jaga politik Indonesia ini agar yang terpilih adalah orang yang pantas, orang yang layak menjadi kepala daerah kedepannya,"

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Pekanbaru, Hazli Fendriyanto, mengatakan, kegiatan Sua Pemuda ini mengundang pemuda-pemudi terbaik dari 24 kota di Sumatera. Dalam kegiatan ini, mereka berdiskusi, bertukar ide, dan merencanakan perubahan yang positif untuk daerah masing-masing.

Acara di bagai menjadi dua harim untuk hari pertama, dimulai dengan kegiatan Telusur Pekanbaru. Dalam kegiatan ini para delegasi Sua Pemuda melakukan eksplorasi titik-titik sejarah dan budaya di Kota Pekanbaru.

Pada hari kedua, dilanjutkan dengan Seminar dan Rembuk Pemuda bertema "Pemuda sebagai Pemimpin Menuju Indonesia Emas 2045”.

Dikatakan, kegiatan ini bertujuan pemuda-pemudi dapat berkontribusi menyelesaikan masalah kepemudaan di Indonesia.

Ia berharap, Sua Pemuda dapat membawa para pemuda Indonesia menjadi pemuda yang berkualitas.

"Harapannya ini akan membuat sudut pandang para pemuda semakin kaya dalam menyambut Indonesia emas 2045," ujar .

Acara ini dimeriahkan band asal Kota Pekanbaru yakni Matcha Music dan Shasa Fatiha (The Voice). Selain itu, kegiatan ini juga menghadirkan pameran komunitas pemuda di Pekanbaru yang aktif bergerak dalam berbagai bidang. ***