PEKANBARU - Gebyar Gerakan Nasional BBI dan BBWI Jumat (3/5/2024) sore tadi, diramaikan oleh peserta pawai Lancang Kuning Carnival.

Suasana pawai tampak meriah, di mana peserta tampil dengan berbagai kostum yang menampilkan ciri khas daerah masing masing,

Dari pantauan di lapangan, peserta pawai memulai parade barisan dari halaman Kantor Gubernur Riau dan bergerak menuju Jalan Ahmad Yani. Selanjutnya peserta kembali lagi ke halaman Kantor Gubernur Riau.

Seperti dituturkan salah satu peserta yang juga Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok, Sumatera Barat, Milda Murniati, pihaknya memang sengaja menampilkan pakaian adat khasnya, yakni pakaian adat Minangkabau Solok.

“Hari ini ibu-ibu mengenakan Baju Kuruang Basiba, yang merupakan baju adat Bundo Kanduang. Sedangkan yang bapak-bapak mengenakan Baju Guntiang Cino yang merupakan baju adat niniak mamak. Itu melambangkan kebesaran kami orang Solok,” paparnya.

Masih dari pantauan GoRiau.com, ada pun daerah di luar Riau yang juga ikut memeriahkan pawai tetssbut antara lain Kota Banda Aceh, Kota Tebing Tinggi, Kota Pematang Siantar, Kota Padang, Kota Payakumbuh, Kota Bukittinggi, Kota Tanjung Pinang, Kota Sawahlunto, Kota Langsa, dan Kota Dumai. ***