PEKANBARU - Musibah tanah longsor terjadi di Jalan Pendidikan RT 001 RW O01 Dusun Sungai Perigi Desa Tanah Merah, Kecamatan Tanah Merah, Indragiri Hilir, Riau, Selasa (30/4/2024)

"Iya kita mendapatkan laporan dari perangkat daerah setempat, bahwa ada musibah tanah longsor di Kecamatan Tanah Inhil," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edy Afrizal, didampingi Kabid Kedaruratan Jim Gafur, Selasa (30/4/2024).

Tidak ada laporan korban jiwa. Namun atas kejadian ini, sebanyak rumah rusak berat. Kemudian dua rumah lagi rusak ringan serta satu Poskamling rusak berat. Kemudian sebanyak delapan kepala keluarga (KK) dari 24 jiwa terdampak akibat bencana ini.

Lanjut Kepala BPBD Riau, dari laporan perangkat pihak kecamatan setempat, dilaporkan diperkirakan terdapat kerugian material diperkirakan lebih kurang mencapai Rp500 juta.

Masih menurut Edy, BPBD Riau terus berkoordinasi dengan instansi terkait di Inhil. Belum ada permintaan bantuan dalam hal penanganan puing-puing rumah yang tergerus akibat musibah longsor tersebut.

"Kecamatan Tanah Merah Inhil ini memang berada di daerah rawan longsor. Tanah labil diakibatkan karena pengaruh pasang surut yang menghantan daratan di pinggir sungai," ujar Edy. ***