JAKARTA – Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sedang mempertimbangkan untuk memberi diskon tarif tol saat libur Lebaran. Salah satunya adalah PT Hutama Karya (Persero).

Hal itu sesuai arahan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono agar BUJT memberlakukan diskon tol.

"Terkait rencana diskon tarif tol selama Mudik Lebaran 2024 ini, Hutama Karya masih mengkaji potensi penerapannya tersebut," kata EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero) Tjahjo Purnomo kepada CNBC Indonesia sebagaimana dikutip GoRiau.com, Rabu (20/03/2024).

Hutama Karya merupakan BUJT di beberapa ruas tol, salah satunya di Jabodetabek yakni Jakarta Outer Ring Road Seksi S (JORR-S) yang memiliki Panjang 11,4 Km. Namun mega proyeknya adalah Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang setidaknya mengelola 8 ruas.

Dari ruas tersebut, Hutama Karya berencana untuk memberikan diskon tol pada dua ruas tolnya, namun besarannya belum ditentukan.

"Saat ini kami mengajukan pemberlakuannya di Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung dan Tol Pekanbaru - Dumai," kata Tjahjo.

Nama pertama merupakan bagian dari JTTS yang direncanakan akan membentang dari utara Pulau Sumatera sampai selatan menyambungkan Provinsi Nangroe Aceh Darussalam sampai provinsi Lampung. Ruas ini terletak di Provinsi Lampung dan Provinsi Sumatera Selatan dengan panjang total 185 km.

Ruas ini terbagi ke dalam tiga seksi yakni Seksi I: Terbanggi Besar - Mengala, Seksi II Menggala - Sp. Pematang, Seksi III Sp. Pematang - Kayu Agung. Ruas ini merupakan gabungan ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang (100 km) dan Pematang Panggang - Kayu Agung (85 km).

Sedangkan Tol Pekanbaru - Dumai merupakan jalur tol terpanjang di Pulau Sumatera dengan panjang sekitar 131 kilometer. Tarif tol ini sudah mengalami kenaikan per 18 Maret kemarin, namun sudah ada rencana untuk mendapatkan diskon.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan Asosiasi Tol Indonesia (ATI) sudah ada komitmen untuk memberikan diskon tarif tol jelang Lebaran.

"Nanti pasti dari ATI sudah saya approach nanti mereka yang urus. Iya nanti ada diskonnya," kata Basuki di Istana dikutip Rabu (20/03/2024). ***