PEKANBARU, GORIAU.COM - Walau banyak masyarakat melakukan pengobatan ke rumah sakit di Malaysia, namun sebenarnya rumah sakit di Riau juga tak kalah hebat dari negeri Jiran tersebut. Pengakuan itu diungkapkan oleh Wakil Menteri Kesehatan Prof Dr Ali Ghufron Mukti, Jumat (24/5/2013) di Pekanbaru.

''Kalau kita bandingkan dengan Malaysia, saya rasa tidak kalah dari segi bangunan, juga cukup bagus,'' ujanya di RSUD Arifin Achmad. 

Menurutnya, Provinsi Riau, khususnya Kota Pekanbaru memiliki banyak rumah sakit yang bagus, termasuk rumah sakit milik pemerintah RS Umum Daerah Ariffin Ahmad yang terletak di Jalan Diponegoro

Bahkan menurut pria kelahiran tanggal 17 Mei 1962 ini, banyak mahasiswa Malaysia yang juga mengenyam pendidikan di perguruan tinggi di Indonesia. ''Ya, kalau kita lihatkan banyak juga mahasiswa-mahasiswa dari Malaysia yang sekolah, kuliah di perguruan tinggi yang ada di negeri kita Indonesia, termasuk di Fakultas Kedokteran, ini menunjukkan bahwa mutu pendidikan kita lebih baik,'' tegasnya.

Karena itu Wamenkes minta masyarakat Riau tetap memanfaatkan rumah sakit di dalam negeri khususnya di Pekanbaru karena baik dari fasilitas maupun layanan tetap berimbang. ''Kecuali sudah tidak tertangani di sini, dan kalau memang harus dirujuk ke sana saja, ya apa boleh buat. Tapi sebaiknya tetap di sini,'' tegasnya. (jpr)