BENGKALIS, GORIAU.COM - Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh mengajak seluruh masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, 4 September ini.

Tingginya partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih sebagai gambaran tanggungjawab dan kepedulian proses demokrasi yang sedang berjalan di bumi Lancang Kuning.

''Dalam banyak kesempatan Pak Bupati terus menghimbau dan mengajak masyarakat yang memiliki hak pilih untuk menyalurkan haknya pada tanggal 4 September nanti. Masyarakat memiliki hak melahirkan dan  memilih pimpinan yang kuat dan berwibawa,'' ujar Kabag Humas Setkab Bengkalis, Andris Wasono, Minggu (1/9).

Sikap peduli akan keberlangsungan pemerintah yang kuat dan berwibawa diawali dari kepedulian dan rasa tanggungjawab masyarakat untuk menentukan siapa pemimpin yang layak dan patut.

''Mari datangani TPS sesuai di mana undangan memilih yang kita terima. Hanya butuh beberapa menit kita berada di bilik suara dan itu sangat menentukan nasib Riau ke depan,” imbuh Andris.

Bupati menginginkan Bengkalis menjadi barometer bagi pemilih yang aktif dan persentase terbanyak menyalurkan hak pilihnya.

Pada kesempatan itu Andris juga mengingatkan pesan yang disampaikan Bupati agar seluruh petugas penyelenggara pemilu serta perangkat pemerintahan hingga ke ketua-ketua RT, untuk jemput bola mengingatkan warganya agar menggunakan hak pilih.

Begitupun bagi mereka yang tidak mendapatkan kartu atau undangan memilih, diharap untuk menayakan kepada petugas KPPS atau lainnya apakah dibenarkan menyalurkan hak suaranya hanya berbekal KTP atau KK.

''Ini menjadi tugas ketua-ketua RT untuk jemput bola, menanyakan kepada petugas apakah warganya yang tidak memiliki udangan mempilih masih bisa menyalurkan hak pilih, dengan berbekal KTP asli. Saya yakin, ada warga kita yang tidak dapat udangan tapi mereka berkeinginan menyalurkan hak pilihnya,” kata Andris.

Andris juga mengingatkan agar masyarakat menjaga kondisi ingkungan agar teta aman dan nyaman seperti sekarang ini.”Pemilihan Gubri adalah pestanya rakyat, mari nikmati pestas ini dalam lingkungan yang aman dan damai,'' ajaknya.(jfk)