BANGUN JAYA, GORIAU.COM - Warga Bangun Jaya, Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rohul bertahun-tahun, memimpikan jalan di desa mereka dapat diaspal dan layak untuk dilalui.

Tokoh Masyarakat  Tambusai Utara Barju Keswoto mengadukan persoalan jalan tersebut kepada Cagubri HR Mambang Mit yang berkunjung ke daerah itu untuk menghadiri Pesta Rakyat Dalam Rangka Sosialisasi Program Kota Mandiri Terpadu, Ahad (7/4/2013) di Desa Bangun Jaya.

Belum memadainya jalan di Tambusai Utara, lanjut Berju Keswoto, menyebabkan hasil pertanian masyarakat desa-desa  terganggu untuk dijual ke daerah lain, sehingga menyebakan perekonomian masyarakat petani di desa-desa itu tidak meningkat.

Selain masalah jalan provinsi yang berlubang-lubang dan belum diaspal, menurut Barju Keswoto, masyakat juga minta kepada Cagubri HR Mambang Mit untuk memasukan jaringan listrik di daerah mereka pasalnya aliran listrik di desa tersebut juga belum ada.

''Memang banyak Cagubri yang akan maju dalam Pilgubri nanti, tapi kami masyarakat Tambusai berharap khususnya Bapak HR Mambang Mit yang akan terpilih, namun kami minta Bapak memperhatikan kondisi jalan dan masalah listrik di tempat kami yang masih kurang,'' ungkap Keswoto di hadapan Cagubri HR Mambang Mit.

''Tolong diaspal jalan kami yang sudah bertahun-tahun rusak, karena masyarakat sangat membutuhkan jalan sebagai akses transportasi untuk masyarakat melakukan kegiatan sehari-hari, selain juga bantu kami masyarakat untuk memasarkan hasil pertanian sehingga harganya dapat meningkat yang pada akhirnya akan meningkatk perekonomian masyarakat disini,'' terang Berju Keswoto.

Menanggapi hal itu Cagubri yang juga ketua DPD Partai Demokrat Riau ini mengatakan,tiga hal penting yaitu jalan dan listrik serta air bersih akan menjadi perhatian dirinya karena ketiganya merupakan kebuutuhan mendasar masyarakat.

''Namun  karena masih wakil Gubernur Riau belum bisa mengeksekutor atau memutuskan anggaran, tapi kalau sudah orang nomor satu sudah bisa  sebagai eksekutor maka akan bisa diatur untuk direalisaikan karena Riau memiliki anggaran yang besar,'' tutur HR Mambang Mit.

Bersama Pemkab dan Pemko se-Riau, Pemerintah Provinsi Riau, lanjut HR Mambang Mit lagi, akan menyelesaikan masalah jalan dan listrik dan air bersih dapat di tuntaskan pada tahun-tahun mendatang. (rls)