BAGANSIAPIAPI – Pasca lebaran, trotoar jalan utama Baganbatu, Rokan Hilir, Riau dipenuhi sampah. Pemandangan itu membuat tidak nyaman kota yang berada di pintu masuk Provinsi Riau yang berbatasan dengan Sumatera Utara tersebut.

Menurut masyarakat, sampah itu merupakan sampah pedagang yang dibuang ke trotoar. Sampah itu merupakan sisa sayur mayur hingga sampah plastik.

‘’Tumpukan sampah terutama di depan Pasar Pagi itu sengaja dibuang pedagang ke trotoar. Itu bukan sampah warga tapi pedagang,’’ ujar Muklis (44), warga Bagan Batu kepada GoRiau.com, Minggu (14/4/2024).

Warga menyebutkan, sampah di atas trotoar jalan di Kota Bagan Batu ini sudah sangat meresahkan terlebih usai lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah tahun ini.

"Warga dapat dipastikan tidak ada membuang sampah ke jalan ini, tapi sampah ini datangnya dari dalam pasar pagi yang sengaja membuang ke jalan tersebut," sebut Muklis.

Apa yang diungkapkan Muklis juga diakui warga lainnya. ‘’Dapat dipastikan, ini bukan sampah warga, tak mungkin warga datang membuang sampah disini,’’ ucap Rinto (52), warga Baganbatu.

Persoalan sampah di Baganbatu ini semakin jadi perhatian warga karena terjadi saat petugas kebersihan sedang liburan Idul Fitri.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rokan Hilir, Suwandi SSos menyebutkan pihaknya berulang kali mengimbau warga agar tidak membuang sampah sembarangan.

‘’Mari kita peduli lingkungan dan tingkatkan kebersihan. Petugas kami, insyaallah tetap bekerja dengan baik di lapangan,’’ ujarnya.

Suwandi meminta petugas kebersihan di lapangan berlapang dada dan tetap optimal bekerja dan masyarakat juga diharapkan tidak membuang sampah sembarangan. ***