JAKARTA - Banyak pria berselingkuh, padahal memiliki istri yang cantik. Anehnya, kecantikan wanita selingkuhannya kalah jauh dibanding istrinya.

Dikutip dari wolipop detik.com, penulis Katie Lersch dalam tulisannya berdasarkan hasil penelitiannya dan korespondensi dengan para wanita korban perselingkuhan mengungkapkan, sederet alasan pria selingkuh dengan wanita yang kurang menarik dibanding istrinya.

1. Tidak Selalu Tentang Seks

Meskipun diasumsikan bahwa perselingkuhan hanya tentang seks yang tidak didapatkan di rumah, ini tidak selalu terjadi. Banyak orang berselingkuh ketika kehidupan seks mereka di rumah sangat memuaskan. Mengapa? Karena bayarannya bukanlah seks.

Para pria mencari hubungan atau tempat untuk melepaskan beban mereka. Pria butuh seseorang yang mengistimewakannya.

Dalam sebuah survei, 48 persen pria mengatakan bahwa alasan utama mereka berselingkuh adalah emosional. Dan hanya 12 persen dari seluruh pria dalam survei tersebut yang mengatakan bahwa wanita selingkuhannya lebih menarik daripada istri mereka.

2. Memuaskan Ego Pria

Seringkali bukanlah penampilan atau apa yang dilakukan wanita lain di tempat tidur. Ini adalah cara si selingkuhan membuat pria merasa dipuaskan egonya. Wanita lain atau si selingkuhan membuat pria merasa penting dan didengar. Dia membuatnya merasa berharga. Mungkin dia bahkan tahu bahwa dia tidak terlalu menarik - tapi penampilannya bukanlah yang menarik si pria. Tapi bagaimana si pria merasa lebih baik tentang dirinya ketika bersama wanita selingkuhannya.

3. Pria Merasa Tidak Pantas bagi Pasangannya

Terkadang seorang pria yang tahu bahwa dia tidak sebanding dengan kecantikan istrinya akan merasa lebih nyaman ketika dia 'turun kasta.'. Pria itu biasanya sangat sadar bahwa orang mengatakan betapa beruntungnya dia, dan ini bisa menciptakan beberapa ketidakamanan baginya. Jadi ketika seorang wanita yang kurang menarik membuatnya merasa 'naik kasta,' ini bisa membuat si pria merasa lebih baik. Karena harga dirinya telah terpukul sebelumnya dan sekarang dia mendapatkan 'dorongan' menjadi lebih baik.

Berselingkuh dengan wanita yang kurang menarik tidak membuat pria merasa tak terlalu sakit hati lagi. Hanya saja si pria tidak menilai wanita lain itu berdasarkan penampilannya. Dia mendapatkan bayaran lain yang lebih berhubungan dengan dirinya daripada dengan wanita tersebut.

Para pria menemukan wanita lain yang bukan istri mereka (dan yang tidak terlihat menghakimi atau menganggap rendah mereka) menarik. Awalnya bisa saja tidak dimulai sebagai perselingkuhan, tetapi ketika si pria menjadi lebih tergantung pada emosionalnya, maka itu berubah menjadi sesuatu yang lain.

Itulah sejumlah alasan pria selingkuh dengan wanita yang kurang menarik.***