JAKARTA - PP PERBASI memanggil 14 pemain untuk ikut training center (TC) tahap kedua Timnas Basket U-18 Putri. TC berlangsung 28 April 2024 di Bali. Ke-14 nama yang dipanggil itu adalah Yualita Rency Novia, Shinta Salsabila Syifa Nugroho, Ratu Sabrina Amaury Poedjakusuma, Putu Kezia Angelie Setiawan, Nelvina Sally Utomo.

Lalu Nathania Nicole Sasongko, Keira Hammabel Hadinoto, Kartika Hatta Mahanani, Joanne Giovanni, Jennifer Collin, I Gusti Ayu Krisabela, Caylee Michelle Koesnadi. Lalu Berlian Yesi Triutari, dan Anggita Yuliani Putri.

Nama ini sebelumnya ikut TC tahap pertama. Pada saat TC tahap pertama diikuti 18 pemain. 4 nama yang tidak masuk TC tahap kedua adalah Komang Mariani Puteri Sekar Sari, Michaela Vianca Pangaribuan, Mabekou Talla Valerie, dan Anggun Annaila Zahra.

Mereka ikut TC Timnas Basket U-18 Putri setelah lolos seleksi pada 22-24 Maret 2024. Saat itu seleksi diikuti 56 pemain dari seluruh Indonesia. Mereka merupakan pemain dari hasil scouting berbagai kejuaraan dan rekomendasi dari Pengprov Perbasi.

General Manager Timnas Basket U-18 Putri Dedy Setiawan menjelaskan bahwa TC tetap memberlakukan sistem promosi dan degradasi. Jadi komposisi 14 pemain yang dipanggil dalam TC tahap kedua ini belum sepenuhnya aman.

“Promosi dan degradasi tetap ada. Jika 14 nama yang dipanggil ini tidak perform ya tidak menutup kemungkinan akan memanggil nama lain yangsudah tercoret atau di luar itu untuk ikut TC,” jelas Dedy.

Dengan situasi ini, kata Dedy, pelatih Bambang Adianto Pribadi telah berpesan kepada pemain. Bahwa para pemain yang tercoret juga harus tetap menjaga kondisi.

Peluang mereka untuk memperkuat Timnas Basket U-18 Putri masih terbuka. Ini karena hanya pemain terbaik yang akan diberikan kesempatan perkuat Panji Indonesia di ajang internasional.

Timnas Basket U-17 Putri disiapkan untuk menghadapi SEABA U-18 yang sekaligus menjadi kualifikasi FIBA U-18 Asia Cup 2024.

“Dari seleksi ini, nanti yang dibawa ke SEABA U-18 sebanyak 12 pemain. Jadi TC tahap kedua ini sudah fokus mencari pemain 12 terbaik untuk SEABA U-18 dan FIBA U-18 Asia Cup 2024,” terangnya.

Dedy berharap, TC ini dimanfaatkan sebaik mungkin para pemain untuk keluarkan kemampuan terbaik. Mengingat, kesempatan jarang datang dua kali. “Kami berharap para pemain memaksimalkan kesempatan ini sebaik mungkin karena kesempatan tidak datang 2 kali. Jadi tunjukkan yang terbaik,” ucap Dedy.

SEABA U-18 dilaksanakan pada 24-26 Mei 2024 di Ratchaburi, Thailand. Kemudian FIBA U-18 Asia Cup 2024 di Shenzhen, China, pada 24-30 Juni 2024. ***