SELATPANJANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) memberangkatkan sebanyak 4 utusan siswa-siswi SLTA untuk mengikuti seleksi Paskibraka tingkat Provinsi Riau tahun 2024, pada Minggu (5/5/2024).

Pelaksanaan seleksi Paskibraka yang dilaksanakan oleh Badan Kesbangpol Provinsi Riau itu berlangsung pada tanggal 05 sampai dengan 10 Mei 2024 di Hotel Mutiara Merdeka, Jalan Yos Sudarso, Kota Pekanbaru.

Adapun peserta seleksi yang diberangkatkan tersebut, yakni Fazridan Arif siswa SMA Negeri 1 Tebing Tinggi, Iskandar siswa SMA Negeri 2 Rangsang Pesisir, Dhiyaulhaq Julia Risma siswi MAN 1 Selatpanjang dan Uswatun Nabila siswi MAN 1 Selatpanjang.

Dalam arahannya melepaskan keberangkatan keempat peserta itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Wan Zulkifli SH MSi, berpesan agar dapat mengikuti semua proses seleksi dengan baik. Sehingga bisa lolos mewakili Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai anggota Paskibraka tingkat Provinsi Riau pada tahun ini.

"Ikuti semua arahan pelatih. Percaya diri, jangan minder. Harus bisa. Kemudian, tanamkan semangat yang tinggi. Solat dan berdoa itu sangat penting," pesannya.

"Semoga anak-anak kita yang ikut seleksi ini lulus nanti dan mengharumkan nama Meranti. Jaga kesehatan dan harus disiplin, serta bersungguh-sungguh mengikuti proses seleksi," ucap pria yang akrab disapa Wan Zul itu.

Tidak hanya itu, ia juga berharap salah satu peserta tersebut bisa kembali lulus dan terpilih mewakili Kabupaten Kepulauan Meranti dan Provinsi Riau ditingkat nasional seperti pada tahun 2023 lalu.

"Alhamdulillah, kita sangat bangga pada tahun lalu ada salah satu peserta yang lulus Paskibraka nasional dan 3 orang untuk tingkat provinsi. Artinya, 4 orang yang kita utus semuanya lolos. Jadikan itu sebagai motivasi untuk adik-adik untuk mencapai prestasi terbaik," harapnya.

Sebelum berangkat, para peserta terlebih dulu melengkapi berkas-berkas sesuai ketentuan panitia dan kelengkapan pribadi lainnya.

"Untuk keberangkatan dan penjemputan peserta seleksi ini didampingi pendamping yang kita tugaskan secara resmi. Semua kebutuhan sudah kita siapkan," tutur Wan Zul.

Ikut hadir melepas keberangkatan peserta tersebut, Kabid Kesatuan Bangsa Lailatul Hasanah SE, para pelatih (TNI-Polri), Kepala Sekolah, wali murid, dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kepulauan Meranti. ***