PEKANBARU - Pembangunan daerah khususnya kota di Sumatera perlu kerjasama dan kolaborasi antar pemerintah agar percepatan pembangunan bisa seimbang dan selaras. Pembangunan tersebut bukan hanya dalam bidang ekonomi tetap juga bidang sosial dan lingkungan.

Demikian disampaikan Wakil Ketua 1 Komwil 1 Apeksi, Zul Elfian mewakili Ketua Komwil 1 Apeksi, Bobby Nasution yang berhalangan hadir karena sedang menunaikan ibadah umroh, pada gala dinner atau jamuan makan malam dalam Rangka Raker Komwil 1 Apeksi di Kota Pekanbaru berlangsung meriah, Kamis (2/5/2024) malam.

Walikota Solok, Sumatera Barat itu juga menyampaikan pada tahun 2024 semakin banyak tantangan di masa depan. Dirinya menyebut bahwa tantangan ini bukan penghalang. Namun jadi semangat untuk kolaborasi dan berinovasi guna menuntaskan permasalahan yang ada.

"Tentu butuh kerjasama antar daerah, agar bisa bersinergi dalam upaya menggesa pembangunan," ujarnya.

Apeksi punya tanggung jawab mendukung agenda pembangunan berkelanjutan. Agenda ini bukan hanya memajukan sektor ekonomi, tapi juga sektor sosial dan lingkungan untuk memastikan pembangunan berkelanjutan demi generasi mendatang.

"Forum ini juga menjadi titik awal kolaborasi lebih erat, agar bisa mencapai cita-kita besar negeri ini, Tentu butuh kerjasama antar daerah, agar bisa bersinergi dalam upaya menggesa pembangunan," ujarnya.

Gala dinner berlangsung di Balairung Hotel Pangeran, Pekanbaru. Gala dinner ini merupakan satu rangkaian Raker Komwil 1 Apeksi untuk menyambut para tamu yang berasal dari 24 kota.

"Kami gembira pada malam ini bisa menjamu para tamu yang berasal dari berbagai daerah di Sumatera," terang Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun.

Dirinya menyambut hangat kedatangan para wali kota yang hadir dalam agenda Rakor Korwil I Apeksi. Jamuan ini menyajikan aneka makanan khas dari Bumi Lancang Kuning.

Dirinya berharap wali kota dan delegasi dari 24 kota merasa nyaman selama berada di Pekanbaru. Ia mengajak seluruh kota bisa berkolaborasi untuk Indonesia. "Pada momen ini, antar kota mari kita semua bisa berkolaborasi untuk Indonesia maju," ulasnya. ***