PANGKALAN KERINCI – Instansi terkait diminta terus mengoptimalkan pendapatan pajak daerah, karena pajak yang diterima oleh daerah berkontribusi bagi pembangunan daerah.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pelalawan, H Abdul Karim dalam pidato sambutan di acara Pelalawan Tax Award 2024 di Gedung Daerah Datuk Laksamana Mangkudiraja, Pangkalan Kerinci, Selasa (30/4/2024).

Dikatakan Abdul Karim, pemerintah daerah telah melakukan kerjasma dengan banyak instansi. Hal ini bertujuan agar masyarakat mudah untuk membayar pajak.

"Apalagi di zaman yang moderen seperti sekarang ini, dimana setiap orang bisa melakukan sesuatu cukup dengan menggunakan handphone," ujarnya.

Adapun tujuan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan memberikan penghargaan kepada wajib pajak, agar setiap wajib pajak selalu taat dalam membayar pajak. Sehingga dapat meningkatkan pendapatan daerah dan menciptakan masyarakat taat pajak.

"Saya berharap kepada Bapenda untuk lebih optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, serta dapat menciptakan inovasi lebih baik lagi, sehingga masyarakat mudah untuk membayar pajak," pesan Abdul Karim.

Pada kesempatan itu, dilakukan pemberian reward kepada para wajib pajak. Salah satunya PT Sari Lembah Subur, perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di Desa Genduang, Kabupaten Pelalawan meraih penghargaan perusahaan perkebunan terpatuh dalam pembayaran pajak tahun pajak 2023.

Penghargaan diberikan karena ketaatan perusahaan terhadap kewajiban membayar pajak. “Terimakasih yang sebesar-besarnya atas penghargaan ini. Perusahaan berkomitmen untuk terus menjalankan kewajiban perpajakan dengan tertib dan tepat waktu,” kata Administratur PT SLS, Andi HE Jaya.

Selain itu, menurutnya PT SLS juga akan terus berupaya memberikan kontribusi positif dan mendukung pembangunan Kabupaten Pelalawan. Selain Administratur, pada acara itu juga hadir Kepala Tata Usaha PT SLS, Ismail Kadir.

Menurut Andi, penghargaan ini merupakan bukti nyata dari komitmen perusahaan terhadap praktik bisnis yang etis dan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan. Hal ini juga mencerminkan pengelolaan keuangan yang sehat dan komitmen PT SLS terhadap tata kelola perusahaan yang baik.

Diakhir acara, Abdul Karim, menyampaikan ucapan selamat kepada PT SLS atas penghargaan Tax Award. Acara turut dihadiri oleh para pelaku usaha dan tokoh masyarakat Pelalawan.

Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas komitmen PT SLS dalam memenuhi kewajiban perpajakan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Perusahaan dinilai telah berusaha untuk tetap tertib dan tepat waktu dalam membayar pajak, baik pada tingkat pusat maupun daerah. ***