PEKANBARU - Suasana jalan protokol paling bergengsi di Pekanbaru yakni Jalan Sudirman saat ini menjadi tontonan baru bagi warga yang melintas. Pasalnya, pasca dipasangnya bangku di sepanjang jalan, saat ini warga bisa dengan mudah melihat pasangan muda-mudi yang sedang pacaran.

Salah seorang warga Pekanbaru, Syams kepada GoRiau.com, Kamis (14/3/2024) malam mengatakan, dirinya merasa risih dengan aktifitas pacaran yang ada disepanjang jalan tersebut, apalagi itu dilakukan saat bulan suci Ramadhan.

''Risih aja, kalau cuma duduk-duduk biasa, saya rasa biasa sih, cuma kadang ada yang duduk senderan bahkan ada yang tidur-tiduran dengan kepala di paha cewek. Ini jalan protokol yang padat, bukan hanya orang Pekanbaru yang melewatinya, tapi juga para pendatang yang sesekali ke Pekanbaru,'' ujarnya.

Menurutnya, kesan bangku-bangku tersebut sebagai tempat pacaran apalagi dilakukan dengan mesra, bisa merusak citra Pekanbaru sebagai kota agamis. Untuk itu, dia berharap, Pemerintah Kota Pekanbaru, bisa membuat aturan yang tegas terkait fasilitas tersebut.

''Nggak etis saja kalau duduk mesra, sementara banyak kendaraan yang lewat. Apalagi suasana itu ada di kiri dan kanan jalan, mulai dari Jalan Hangtuah hingga Hotel Premiere sedangkan dari sisi satunya dari kantor MPP Pekanbaru hingga DPRD Pekanbaru. Kesan orang yang datang ke Pekanbaru, pasti negatif,'' jelasnya.

Dan yang tak menyedapkan, di belakang bangku-bangku itu adalah kantor pemerintah seperti Kantor Gubernur Riau, Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau, kantor Ditjen Pajak, Bank Riau Kepri Syariah, Perpusataan Soeman HS dan lain-lain.

''Pemko harus membuat aturan yang tegas. Aktifitas apa saja yang boleh dan apa yang tidak boleh. Jika tidak, lokasi itu bisa saja disalahgunakan,'' tutupnya. ***