PEKANBARU, GORIAU.COM - Tidak seperti biasanya, DPRD Riau hari ini, Senin (20/5/2013) tidak kedatangan pendemo, melainkan hanya dikunjungi siswa SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Kedatangan mereka pun tak ada tuntutan, para siswa ini hanya minta saran dan pesan dalam rangka hari kebangkitan nasional.

''Jika ingin sukses harus menjaga hubungan baik dengan guru, teman dan orang tua,'' ujar anggota Komisi D DPRD Riau H Ilyas Labay SSos dihadapan para sisa SMK Muhammadiyah 2 tersebut.

Mantan guru di Batu Panjang Dumai ini juga mengatakan selain itu juga harus mampu tampil di depan umum. ''Jika ingin sukses menjadi pemimpin, maka harus ada keberanian tampil didepan umum untuk bersikap,'' kata Ilyas.

Mantan Ketua DPRD Dumai ini mengatakan, terkait besar anggaran dialokasi pada APBD Riau, seperti diketahui itu setiap tahunya sebesar 20 persen. Seperti di tahun 2013 ini, kata mantan Ketua Komisi C DPRD Riau ini, untuk meningkatkan mutu duni pendidikan di Riau itu dalam APBD 2013 dianggarkan Rp500 miliar.

Senada juga disampaikan anggota Komisi D DPRD Riau Darisman Ahmad. Dikatakan, untuk membangun negara ini memang dimulai dari dunia pendidikan, dengan cara meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Karena sebutnya, pendidikan itu merupakan pondasi tingkah laku, maka harus menjadi perhatian bersama.

''Meningkatkan mutu pendidikan itu tidak semata dengan besarnya anggaran yang dialokasikan. Namun, semuanya itu tergantung kepedulian bersama meningkatkan kualitas SDM di daerah ini sehingga nantinya dapat bersaing,'' kata Darisman seraya menegaskan, sesuai aturan tiap tahun APBD sudah mengalokasikan dana 20 persen. (rdi)