PEKANBARU - Gebyar Bangga Buatan Indonesia Bangga Berwisata di Indonesia (BBI BBWI) dan Lancang Kuning Carnival tahun 2024 resmi ditutup setelah digelar tiga hari berturut-turut. Masyarakat berbondong-bondong mendatangi lokasi acara, Minggu (5/5/2024) malam, di Halaman Kantor Gubernur Riau.

Semakin malam, suasana di Halaman Kantor Gubernur Riau pun semakin ramai didatangi masyarakat. Dalam sekejap, Halaman Kantor Gubernur Riau disulap menjadi lautan manusia.

Artis ibu kota, Angel Karamoy ikut memeriahkan penutupan BBI/BBWI dan Lancang Kuning Carnival melalui Grand Carnival Beyond Culture. Event ini menampilkan peserta dari berbagai komunitas budaya dengan busana megah berciri khas budaya Lancang Kuning.

Kemeriahan penutupan acara ini semakin pecah, gerlap sorot lampu warna-warni dari atas panggung dan dentuman pengeras suara puluhan ribu watt mengiringi para peserta yang menampilkan keindahan busananya malam itu.

Bukan hanya itu, penampilan band fourtwnty yang solid malam itu melengkapi keindahan acara penutupan. Para pengunjung yang sudah menantikan, tampak antusias menyaksikan konser fourtwnty, grup musik asal Pekanbaru dengan personil Ari Lesmana, Nuwi, dan Roots. Bahkan mereka rela berdesak-desakan agar bisa menyaksikan idolanya dari dekat.

Di tengah penampilannya, Ari Lesmana sampaikan terima kasih kepada Pemprov Riau yang mengundangnya sehingga bisa menghibur masyarakat Riau. Kota Pekanbaru menjadi kampung halaman bagi Ari dan Roots. Ari tampak begitu semangat berinteraksi bersama para pengunjung dari atas panggung.

"Sebelum kesini, tadi aku dipesankan sama mamak ku. Katanya, Ari pas manggung nanti jangan buka-buka baju ya nak," kata Ari diikuti gelak tawa dari para pengunjung.

Lirik puitis seperti Zona Nyaman, Fana Merah Jambu, Aku Tenang, Hitam Putih mampu membius masyarakat yang hadir. Suasana malam itu terasa benar-benar meriah. Suara teriakan terdengar dimana-mana.

"Masih semangat wak? kita nyanyi lebih keras lagi," ucap Ari Lesmana dengan lantang.

Warga asal Pelalawan, Puti sengaja hadir ke Pekanbaru untuk menyaksikan serangkaian iven BBI BBWI dan Lancang Kuning Carnival 2024. Ia mengaku takjub dan mengapresiasi upaya Pemprov Riau dalam mengenalkan kekayaan budaya kepada khalayak luas.

"Berbagai pertunjukkan yang ditampilkan sangat luar biasa didukung juga dengan dekorasi yang begitu megah, sempurna. Semoga kedepannya kekayaan budaya Lancang Kuning ini lebih dikenal masyarakat luas," ujarnya.

Acara penutupan Gebyar BBI BBWI dan Lancang Kuning Carnival 2024 ini tidak hanya menjadi hiburan semata, tetapi juga sebagai wadah untuk mengapresiasi dan mempromosikan seni, budaya lokal, dan mempromosikan UMKM lokal.

Semangat, kebersamaan, dan kegembiraan yang terpancar dari setiap penampilan memberikan kesan mendalam bagi semua yang hadir, menambahkan warna ceria di tengah-tengah kesibukan Kota Pekanbaru. ***