BAGANSIAPIAPI – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hilir, Riau mengagendakan akan mengarak Piala Adipura keliling Kota Bagansiapiapi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rohil, Suwandi, SSos, Sabtu (16/3/2024) membenarkan adanya agenda arak-arakan atau pawai atas pencapaian Adipura tersebut.

"Adipura ini melibatkan peran aktif, masyarakat, OPD terkait karena turut berperan dalam penilaian, ada Disperindagsar yang menangani Pasar, Dinas Kesehatan terkait pelayanan kesehatan, RSUD Pratomo, Puskesmas dan OPD lainya,’’ sebut Kadis DLH ini.

Suwandi menambahkan saat ini masih menunggu waktu tepat dan petunjuk dari Bupati Afrizal Sintong untuk merealisasikan pawai atau kirab Adipura yang akan diarak keliling kota Bagansiapiapi tersebut.

Penilaian Adipura antara lain menyangkut kebijakan strategi daerah (Jakstrada) dalam penanggulangan dan pengelolaan sampah.

Di Provinsi Riau, ada 6 Kabupaten dan termasuk Kota yang dinilai langsung oleh tim penilai yakni Kota Dumai, Rohil, Siak, Bengkalis, Kota Pekanbaru dan Kuansing.

"Kabupaten Rokan Hilir salah satu Kabupaten di Riau yang berhasil meraih Adipura, nah Kota Bagansiapiapi Ibukota dan pusat pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir dan patut kita syukuri," sebut Suwandi yang berhasil.memimpin DLH meraih Piala dari Kementerian DLH Dan Kehutanan RI ini.

Seperti diketahui penilaian Adipura tersebut diantaranya penilaian terhadap fasilitas umum, pendidikan, pemukiman, pasar dan ruang terbuka hijau, saluran pembuangan, TPA tersebar di 27 titik pantau penilaian dan endingan untuk Tahun 2023,Rohil berhasil meraih Piala Adipura tersebut setelah menunggu 14 tahun lebih. ***