BAGANSIAPIAPI – Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong didampingi Wabup H Sulaiman, Wakil Ketua DPRD Rohil, Basiran Nur Effendi dan Kepala Kantor Kementerian Agama Rohil, H Khairul, Sekdakab Rohil Fauzi Efrizal dan Forkopinda melepas pawai takbir Idul Fitri 1445 Hijriah di halaman Kantor BPKAD Rohil di Jalan Merdeka,Selasa (9/4/2024) malam ini.

Pawai takbir Idul Fitri ini diikuti oleh OPD, Instansi, ormas, sekolah, masjid yang ada di Bagansiapiapi.

Ketua Panitia yang juga Camat Bangko Uswandi Putra dalam laporannya menyebutkan dasar kegiatan ini adalah Surat Edaran Bupati Rohil Nomor : 24 Tahun 2024 tentang Pawai Takbir.

Kemudian rapat panitia dan Surat Keputusan Camat Bangko Nomor : 8 Tahun 2024 tentang susunan panitia.

Iswandi Putra menyebutkan tujuan pawai takbir ini merupakan kegiatan rutin tahunan untuk mempererat silaturahmi dan syiar Islam.

"Pesertanya untuk miniatur 35 peserta, non miniatur 1, mushola 15 peserta, sekolah 14 peserta, mesjid 10 peserta, mushola 6 peserta dan ormas,:: ucap Iswandi Putra.

Sedangkan untuk persyaratan peserta punya miniatur dan pendamping 20 orang takbir dan yang dinilai kombinasi, dekorasi alat pengeras suara dan lampu hias.

"Juga ada penilaian tajwid dan fashohah dan kerapian,’’ sebut Iswandi Putra.

Sementata untuk rute perjalanan dimulai dari drpan Kantor BPKAD Rohil di Jalan Merdeka melintasi Jalan Pahlawan,Jalan Bangko, Perwira dan Jalan kembali finis di Jalan Merdeka.

Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutanya menyebutkan komitmen Pemkab Rohil untuk syiar Islam dan kegiatan keagamaan untuk mempererat silaturahmi antara Pemkab atau pemerintah dengan seluruh elemen masyarakat.

"Malam ini kita melaksanakan pawai takbir Idul Fitri 1445 Hijriah, ini agenda rutin Pemkab Rohil untuk syiar Islam dan mempererat silaturahmi dengan masyarakat Rohil,’’ teganya.

Afrizal Sintong atas nama Pemerintah dan pribadi dalam kesempatan ini juga mengucapkan Minal Aidin Wal Faizin dan mohon maaf zahir dan batin.

"Atas nama pemerintah, pribadi dan keluarga saya ucapkan minal aidin wal faizin, setelah berpuasa sebulan penuh kita kembali kepada fitrah, semoga Allah menjadikan kita umatnya yang bertaqwa,’’ tutup Afrizal Sintong. ***