PEKANBARU – Terhitung mulai 25 April hingga 10 Mei 2024 mendatang, Pengurus DPD PDI Perjuangan Provinsi Riau akan membuka penjaringan bagi bakal calon Gubernur Riau.

Hal itu diungkapkan Ketua DPD PDI Perjuangan Riau, Zukri Misran, melalui Ketua Tim Penjaringan calon Gubernur Riau, Syafaruddin Poti, Selasa (23/4/2024).

Dalam kesempatan itu, Syafaruddin Poti yang kini juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Riau ini juga mengatakan, dalam proses penjaringan nanti, PDIP Riau tidak akan membeda-bedakan perlakuan antara calon yang berasal dari kader partai maupun yang bukan.

"Kita tidak akan membeda-bedakan baik itu kader partai maupun bukan, karena kita lebih memprioritaskan calon gubernur yang memiliki memiliki wawasan yang cukup untuk memajukan provinsi Riau kedepannya," ujarnya.

Lebih lanjut, Poti menambahkan, pihaknya lebih menginginkan calon yang memiliki konsep untuk membangun Riau di tiga sektor.

Yaitu, memiliki konsep meningkatkan infrastruktur jalan terutama wilayah pesisir. Sebab, hal itu yang hingga kini masih diidamkan masyarakat Riau yang berada di kawasan itu.

Selanjutnya, calon Gubernur Riau juga diharapkan memiliki konsep untuk mengurangi angka kemiskinan, termasuk konsep untuk penyediaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Sedangkan yang ketiga adalah calon yang memiliki konsep untuk meningkatkan SDM masyarakat dalam dunia pendidikan

"Karena sampai saat ini, kita masih miris melihat angka kemiskinan dan tingkat pengangguran di Riau Jadi kita berharap calon yang akan kita usung menjadi Gubernur Riau nanti bisa menyelesaikan tiga permasalahan ini, " tutur Syafaruddin Poti.

Sudah 5 Calon

Ketika ditanya, apakah saat ini sudah ada yang mengajukan lamaran, Poto mengatakan sudah ada 5 orang yang sudah membuka pembicaraan terkait hal ini. Menurutnya, kelimanya sudah menyatakan ingin maju menjadi calon Gubernur Riau melalui partai PDIP Riau.

Ditambahkan Poti, bagi calon-calon yang berminat, sudah bisa mengambil formulir pendaftaran mukai tanggal 25 April 2024.

"Untuk pengambilan formulir boleh diwakili oleh tim dari calon tapi saat pengembalian formulir pendaftaran kita wajibkan calon bersangkutan yang menyerahkan langsung ke kantor DPD PDIP Riau kemudian sekalian konferensi pers, " terangnya.

Selanjutnya berkas yang sudah masuk, akan dikirimkan ke DPP PDIP. "Karena untuk keputusan finalnya berada di pimpinan pusat, " pungkasnya. ***