PEKANBARU – Pembantu Rektor (Purek) III Universitas Riau, Dr Hermandra, MA mengingatkan jurnalis mahasiswa, untuk selalu menampilkan informasi sesuai dengan fakta. Seorang pewarta juga jangan sampai mencampuradukkan antara fakta dan opini pribadi.

Harapan itu dilontarkannya saat membuka secara resmi pelatihan jurnalistik yang ditaja UKM Bahana Mahasiswa, Minggu (5/5/2024).

Ikut hadir dalam kesempatan itu Pembina UKM LPM Bahana Mahasiswa, Dr Mayta Novaliza Isda, MSi dan Pemimpin Umum Bahana Mahasiswa Andi Yulia Rahma beserta jajaran pengurus.

Kegiatan yang dipusatkan di Gedung Perpustakaan ini mengambil tema Berita Untuk berbagi. Sedangkan peserta berasal dari mahasiswa di lingkungan kelembagaan di Universitas Riau serta umum.

GoRiau

Dalam kesempatan itu, Hermandra berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan dan wawasan para mahasiswa dalam membuat berita yang baik dan benar.

"Yang perlu saya ingatkan, kalau membuat berita atau menyampaikan informasi haruslah sesuai dengan kebenaran dan fakta yang ada. Jangan memasukkan opini pribadi, " ingatnya lagi.

Ada dua materi yang diberikan kepada peserta. Yakni teknik penulisan berita straight news dengan pemateri Siswandi Sofyan selalu Koordinator Liputan goriau.com. Sedangkan materi lainnya adalah teknik fotografi yang menghadirkan fotografer Riau Pos, Mohammad Akhwan.

Tidak hanya menyampaikan teori, para peserta juga diajak langsung mempraktikkan apa yang telah disampaikan pemateri. ***