SELATPANJANG – Sembilan orang korban kapal yang tenggelam di perairan Rangsang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau berhasil dievakuasi oleh Tim SAR gabungan.

Demikian disampaikan Humas Basarnas Pekanbaru, Kukuh Widodo, Sabtu (4/5/2024). Ke sembilan korban itu pun ditemukan selamat semua.

"Pada pukul 11.20 WIB Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi seluruh korban kecelakaan Kapal KLM Berlian 1 yang tenggelam di perairan Pulau Ransang pada koordinat 01 13' 21.1"N 102 48' 44.9" E. Akibat cuaca buruk ombak tinggi. Seluruh korban dalam keadaan selamat dan diserahkan ke agen kapal," ucapnya dalam keterangan tertulis.

Adapun data korban yang berhasil dievakuasi dari kapal yang tenggelam di perairan Pulau Rangsang yakni, Amrin selaku nahkoda, Susandi sebagai kepala kamar mesin (KKM) kemudian ada Rian, Indra, Bismar, Ridho, Angsiat, Apis dan Sabri. Semua korban adalah laki-laki.

Sebelumnya, Danposal Selatpanjang Kapten Laut (E) Saidul Aripin mengatakan, saat ini semua ABK, beserta KKM dan nahkoda selamat dan sudah berada di Pos TNI Angkatan Laut Selatpanjang.

"Alhamdulillah mereka sehat semuanya, dan selamat. Kapal Berlian 01 Tenggelam total selama 1 jam dari pukul 08:00 WIB hingga ke pukul 09:00 WIB, angin kencang, gelombang tinggi dan kapal dengan cepat dimasuki air," ucapnya.

Dijelaskannya, kalau KLM Berlian 01 dengan GT 148 membawa 9 orang diantaranya, Nahkoda KKM, serta ABK dan titik koordinat nya yakni, 1’16’42.5’N 102″50’45’E.

"Saat ini lagi kami mintai keterangan terkait kronologis kejadian,” ucap Saidul didampingi Kanit Gakkum Polairud Polres Meranti, Iptu Andi Purba. ***