PEKANBARU – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Riau menggelar kegiatan Jambore dan Bakti Pemuda Antar Daerah (BPAD) yang dipusatkan di Langgam, Kabupaten Pelalawan.

Kegiatan yang berlangsung selama 6 hari ini bertujuan membangun kemandirian generasi muda serta meningkatkan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia pemuda.

GoRiau

"Sekaligus memberikan kesempatan pada pemuda untuk tinggal di daerah dengan latar belakang dan budaya yang berbeda dengan dirinya, " terang Kadispora Riau, Erisman Yahya, Senin (22/4/2024).

Ditambahkannya, melalui kegiatan ini pihaknya juga akan melakukan seleksi Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) Tingkat Provinsi.Riau.

GoRiau

Dalam hal ini, pihaknya akan mengirim sebanyak 5 pasang ke pusat. Selanjutnya, pihak pusat akan memilih satu pasang yang masing-masing akan dikirimkan ke Bengkulu dan Kalimantan Utara.

"Dalam hal ini, pasangan pemuda dan pemudi ini bertindak sebagai perwakilan Riau, " tambahnya.

Program pertukaran pemuda ini bertujuan memperluas jaringan pemuda antara satu daerah dengan daerah lain yang diharapkan bisa memperluas wawasan para pemuda.

Ditambahkan Erisman, pihaknya juga mengadopsi program serupa yang diterapkan dengan pertukaran pemuda antar kabupaten di Riau.

"Kita melihat program ini memiliki nilai yang sangat strategis untuk membantu persatuan di antara pemuda di Riau. Mereka bisa saling berbagi pengalaman dan kemampuan, " ujarnya seraya berharap kegiatan ini mendapat dukungan dari semua pihak.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemuda Dispora Riau, Helfandi menambahkan, bahwa Kegiatan Bhakti pemuda ini dilaksanakan selama 6 hari, sedangkan lokasinya di Langgam, Pelalawan.

Pihaknya berharap, seluruh peserta kegiatan dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Karena pemerintah juga bertujuan menjadikan kegiatan ini sebagai salah satu upaya meningkatkan kapasitas pemuda Provinsi Riau. ***